Agar Tidak Menyesal, Kenali 5 Jenis Peralatan Masak Anti Lengket Sebelum Membeli

Peralatan masak udah jadi sahabat itu setiap harinya. Memasak di dapur dengan peralatan masak yang lengkap dan kualitas baik tentu akan membantu ibu mempersiapkan hidangan terbaik untuk keluarga. Sebelum membeli peralatan masak anti lengket ada 7 hal yang wajib para ibu tau agar tidak salah beli. Menyesal datangnya belakangan yuk bekal ilmu ini jangan diabaikan.  

Peralatan Masak Paling Aman

Ragamnya peralatan masak yang beredar di pasaran membuat para ibu bingung dalam memilih apa yang harus di beli. Belum lagi harga peralatan masak yang diinginkan tidak sesuai kantong. Galau ibu semakin bertambah bertumpuk dengan masalah rumah tangga lainnya. Kapan ibu bisa istirahat? Nah. untuk menghindari galau yang tidak perlu, para ibu harus punya bekal ilmu. Semua peralatan masak yang ada di dapur ibu harus termasuk peralatan masak setidaknya aman untuk dipakai memasak masakan.  

Beberapa bahan peralatan masak paling aman terbuat dari bahan stainless steel, keramik, kaca, granit, dan teflon. Jenis bahan yang disebutkan tadi adalah bahan alat masak yang direkomendasikan untuk jadi pilihan ibu.  

peralatan masak anti lengket

Peralatan Masak Berbahan Stainless Steel

Peralatan masak berbahan stailess steel banyak direkomendasikan karena kualitas yang cukup baik dalam menghantarkan panas. Bahan ini juga bisa menyalurkan panas lebih merata dan lebih cepat.  Bahan stainless steel ini juga termasuk peralatan masak yang anti lengket. 

Selain itu, perlatan masak stainless steel ini aman dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Peralatan masak saya di dapur masih aman dipakai meski sudah berusia hampir 7 tahun lamanya. Alhamdulillah masih awet dengan frekuensi memasak 5/7 dalam setiap minggunya. 

Peralatan masak anti lengket

Peralatan dapur yang terbuat dari bahan stailess steel biasanya mulai dari kompor, kitchen sink, wajan, panci, sodet, sendok dan garpu, pisau serta ceret juga termasuk. Peralatan masak berbahan ini termasuk yang tahan lama meski harganya sedikit lebih mahal dibandingkan peralatan masak anti lengket lainnya.

Saat memasak dengan api besar, panci bahan stainless steel ini mudah menghitam. Maka sebaiknya memasak dengan api sedang sangat direkomendasikan dengan peralatan masak dengan bahan ini.

Selain itu, peralatan masak stainless steel sulit dibersihkan dari sisa noda. Untuk hal ini, diperlukan sikat cuci piring yang lembut yang tidak menambah goresan pada peralatan masak.

Bahan stainless steel ini tidak mudah berkarat, hanya saja menjadi kusam akibat pemakaian.Goresan, kandungan garam dan kondisi lembab bisa menyebabkan karat pada panci stainless steel.

Panci stainless steel bisa dipakai para ibu yang menggunakan kompor listrik. Namun, peralatan masak berbahan stainless steel sebaiknya tidak dimasukkan ke dalam microwave. Panas di dalam microwave akan dapat meningkat panasnya dan bisa menyebabkan kebakaran.

Peralatan Masak Berbahan Keramik

peralatan masak keramik

Peralatan masak berbahan keramik Terdiri dari dua jenis. Dengan full keramik atau lapisan keramik. Peralatan masak dengan lapisan bahan keramik maksudnya adalah peralatan masak berbahan aluminium sebagai bahan bakunya lalu kemudian dilapisi dengan keramik. Lapisan keramik ini aman untuk kesehatan.

Sedangkan peralatan masak dengan bahan full keramik terbuat dari keramik secara utuh. Peralatan masak ini tidak khawatir mengalami pengelupasan.

Kelebihan peralatan masak keramik ini mampu memasak dengan matang secara merata. Titik panas di keramik dapat memanaskan masakan secara sempurna.

Peralatan masak berbahan keramik full tidak akan mudah pecah dan bisa lebih tahan lama. Harga dari peralatan masak ini lebih mahal namun juga bisa tahan lebih lama.

Peralatan masak berbahan keramik ini dari segi bahan termasuk mengandung bahan yang tidak beracun. Bahan ini juga tidak menjadi pengantar atau pelarut bahan kimia dan masuk ke dalam makanan.

Peralatan masak berbahan keramik yang kini banyak di pasaran adalah keramik granit. Keramik granit ini memiliki permukaan yang sedikit kasar. Peralatan masak ini tidak mudah licin saat terkena air.

Keramik granit dibuat dengan proses pembakaran dengan suhu tinggi sehingga aman untuk makanan.

Berikut beberapa perbedaan dari peralatan masak berbahan stainless steel dan keramik, dikutip dari  skilfullcook.com:

Perbedaan 

Harga

Anti lengket

Toleransi Panas

Daya Tahan

Ketahanan

Keamanan

Keringkasan pencucian

Penggunaan peralatan metal

Bahan Stainless Steel

Mahal

Hanya pada suhu tinggi

Ya

Tinggi

Seumur hidup

Lebih Aman

Ya

Ya

Bahan Keramik Granit

Lebih Mahal

Ya

Rendah-sedang

Rendah

2-5 tahun

Kemungkinan retak

Tidak

Tidak

Peralatan Masak Berbahan Kaca

peralatan masak kaca anti lengket

Saat ini peralatan masak terbuat dari bahan kaca dan tahan terkena panas tinggi. Peralatan masak berbahan tempered glass atau soda-lime glass tidak cocok digunakan di atas kompor.

Bahan ini rentan pecah dan bisa meledak saat terkena panas tinggi. Jenis bahan kaca yang terhadap perbedaan suhu dingin dan panas adalah jenis kaca borosilikat. Pemilihan peralatan masak jenis ini perlu dierhatikan agar tidak salah pilih saat membeli dan malah menimbulkan bahaya.

Kaca borosilikat ini jenis bahan kaca yang tahan panas dan banyak dipakai dalam berbagai kebutuhan. Misalnya untuk memasak teh, kopi dan ragam jamu-jamuan. Jenis kaca ini juga bagus agar tidak terjadi proses pelarutan dari alat masak ke dalam makanan atau minuman yang kita sedang masak.

Jenis kaca borosilikat ini umum dikenal dengan merk dagang Pyrex. Selain banyak ditemukan di dapur, bahan kaca ini banyak digunakan di botol uji coba di laboratorium.

Kaca pyrex ini unggul dalam ketahan panas dan punya ketahan terhadap guncangan. Umumnya kaca pyrex ini aman digunakan dalam oven. Sebaiknya tetap mengecek petunjuk pemakaian yang tertera di label peralatan masak.

Titik didih kaca borosilikat ini sekitar 150 derajat celcius. Sehingga cukup aman untuk menyajikan minuman panas dan dingin.

Kekurangan dari peralatan masak ini adalah kerentananannya. Peralatan masak ini jika tidak diperlakukan dengan baik, bisa rentan pecah.

Cara membedakan kaca borosilikat dengan kaca normal adalah :

1. Kaca borosilikat lebih ringan dari kaca normal
2. Kaca borosilikat umumnya memiliki warna hijau, biru, putih susu, dan abu. Kaca normal punya lebih banyak warna.
3. Dari seg harga kaca borosilikat lebih mahal haganya
4. Kaca borosilikat lebih tahan panas daripada kaca normal.

Peralatan Masak Berbahan Granit

peralatan masak anti lengket

Peralatan masak berbahan granit mengandung lapisan porselen yang bebas bahan kimia berbahaya. Bahan ini termasuk aman untuk kesehatan.

Peralatan masak seperti panci berbahan granit, umumnya punya banyak keunggulan seperti bebas PFOA dan PTFE. Bahan granit ini juga fungsi penghantar panas yang baik, kemampuan anti lengket dan memiliki berat yang ringan.

Peralatan masak berbahan granit tidak mudah tergores atau terkelupas, sehingga dapat tahan lama. Granit asli bisa dikenali dengan strukturnya yang cenderung lebih keras secara fisik, sehingga kuat terhadap goresan dan tekanan.

Peralatan Masak Berbahan Anti Lengket Teflon

Peralatan masak anti lengket seperti wajan banyak ditemui di dapur para ibu. Teknologi yang umum diterapkan pada wajan ini adalah wajan anti lengket yang sering didengar dengan sebutan teflon.  Teflon ini adalah polimer yang bersifat anti lengket. Teflon ini bersifat tahan panas dan tahan korosi (karat) apalagi dengan perawatan yang benar. 

Wajan teflon ini sangat memudahkan ibu dalam memasak seperti telor ceplok, membuat pancake, dan membuat kulit risol. Kalo ibu, biasanya pake teflon untuk masak apa? Bahan makanan yang banyak mengandung air biasanya menjadi penyebab lengket pada wajan. Tak heran, para koki sebelum meletakkan daging steak ke atas wajan, sebelumnya ditiriskan dulu diatas tisu untuk menyerap kadar air pada daging. 

Punya peralatan masak berbahan teflon termasuk yang tricky. Para ibu harus pintar dalam melakukan perawatan terhadap peralatan masak berbahan  ini. 

peralatan masa teflon

Tujuh hal yang harus diperhatikan pada peralatan masak berbahan teflon : 

1. Suhu pemasakan tidak lebih dari 260 derajat celsius. Diatas suhu ini maka material teflon ini akan menjadi racun. Jadi gunakanlah api kecil atau secukupnya saat memasak. 

2. Saat diawal memasak, tetap gunakan minyak sedikit atau air sebelum memanaskan teflon. Hal ini agar teflon tidak langsung bersentuhan langsung dengan makanan.

3. Saat usai memasak, cucilah teflon dengan peralatan cuci yang lembut atau tidak kasar. 

4. Jangan mencuci teflon saat baru saja selesai digunakan. Biarkan teflon dingin dulu, baru selanjutnya bisa dicuci. Hal ini penting agar teflon tidak cepat rusak atau tidak mudah terkelupas. 

5. Saat teflon gosong, hal yang bisa dilakukan adalah merendamnya dengan air hangat dan menunggunya selama kurang lebih 15-20 menit. Atau bisa juga dengan merebusnya dengan air ,lalu mematikan api. Biarkan sebentar, setelah itu bisa dicuci seperti biasa. 

6. Saat peralatan masak teflon tergores, sebaiknya tidak digunakan lagi karena dikhawatirkan polimer teflon akan mencemari makanan. Hal ini bisa menjadi pemicu penyakit kanker. 

7. Gunakan peralatan masak yang tidak memicu gores pada alat masak teflon. Bahan seperti kayu atau silikon aman digunakan untuk jadi pilihan ibu saat memilih sutil. 

Penggunaan peralatan masak berbahan teflon ini aman digunakan. Dengan tetap memperhatikan tujuh hal tersebut diatas. Jika sudah terlihat atau ada goresan, sebaiknya peralatan masak teflon ibu wajib diganti agar aman untuk keluarga. 

Peralatan Masak yang Wajib Para Ibu Hindari

Peralatan masak dari bahan berikut wajib ibu hindari karena malah akan berakibat buruk bagi kesehatan  adalah Peralatan masak berbahan plastik.

Peralatan masak berbahan plastik ini bisa menghantarkan zat kimia yang terkandung dalam bahan plastik tersebut dan berpindah ke dalam masakan atau makanan yang sedang kita masak. Misalnya saja, saat saya nge-kost dulu, termos plastik ini termasuk alat masak wajib yang umum dipakai anak kost-kostan karena praktis dan harganya sangat murah.

Termos listrik ini tinggal dicolokkan ke listrik, air di dalam termos akan panas dengan bantuan arus listrik. Di dalam termos ini terdapat sejenis logam atau lempeng  pemanas yang menjadi penghantar panas untuk air. Kedua bahan inilah yang sangat dikhawatirkan bisa menjadi pemicu bahan-bahan beresiko bagi kesehatan yang diantar lewat air masak tersebut. So, para ibu dan anak-anak kost hati-hati ya. 

Penutup

Peralatan masak merupakan barang wajib yang ada di rumah. Dapur ibu biasanya dipenuhi dengan beberapa ragam peralatan masak anti lengket. Namun sebelum membeli, sebaiknya ibu dibekali ilmu dulu agar tidak menyesal kemudian.  Jadi para Ibu, yuk kenali 5 peralatan masak anti lengket sebelum membeli. 

Comments

10 responses to “Agar Tidak Menyesal, Kenali 5 Jenis Peralatan Masak Anti Lengket Sebelum Membeli”

  1. Laela Dzuhria Wahyudo Avatar

    Peralatan masak antilengket memang perlu dimiliki para Ibu ya kak. Aku suka sama panci2 yabg berbahan granit, cantik terlihatnya

  2. Farida Pane Avatar

    Berguna banget buat para ibu agar memilih dan merawat alat dapur dengan tepat.

  3. Adi Avatar

    Muantap banget. Informatif dan kaya akan pengetahuan penting nih. Cuss langsung minta istri buat baca postingan ini juga. Thanks for sharing!

  4. Annie NUGRAHA Avatar

    Menurut cerita suami, yang memang hobi masak dan ngubek-ngubek di dapur, teflon sejauh ini masih yang terbaik. Fisiknya lebih kuat dibanding yang lainnya. Jikapun nantinya mulai menghitam karena usia, berarti itu menjadi tanda bahwa sudah saatnya alat masak itu pensiun. Tapi suami pernah sih nyoba menghilangkan hitam yang melengket di teflon dengan campuran cuka, dll. Berhasil tapi hasilnya gak permanen. Jadi memang efek hitam itu salah satu yang menandakan usia peralatan tersebut.

  5. Maria G Soemitro Avatar

    lengkap tipsnya, terimakasih

    kebetulan kemarin beli panggangan (untuk manggang steak) anti lengket, eh ternyata lengket

    sebel banget, padahal harganya gak murah

    Sayangnya belum nemu panggangan yang terbuat dari stainless steel

  6. Fenni Bungsu Avatar
    Fenni Bungsu

    Pasti ada kelebihan dan kekurangannya ya.
    Dan itu dikembalikan lagi sama kenyamanan penggunanya, terutama dalam hal membersihkan dan perawatannya

  7. Retno Kusuma Wardani Avatar

    Iya nih aku punya satu set panci stainles steel awet banget, padahal udah bertahun-tahun. Punya yang keramik juga aweet, tapi awetnya karena jarang dipakai hehehehe…

  8. Hani Avatar
    Hani

    Trims. Reviewnya lengkap.
    Beberapa peralatan masak tersebut aku punya. Karena aku suka masak yang dipanggang, jadi punya pyrex berbagai ukuran. Pengen sih punya panci kaca yang bisa di atas api langsung. Katanya ada…Tapi…takut juga, perawatannya pasti engga bisa sembarangan deh…
    Aku malah udah ganti wajan teflon dengan granit. Kebetulan teflonnya udah mulai ngeletek nih…Yawda ganti aja…

  9. Matius Teguh Nugroho Avatar

    Masih ngeri-ngeri sedap ye kalau peralatan masak berbahan keramik dan kaca, takut retak apalagi pecah. Paling bener memang granit kayaknya, ya. Jadi teflon itu nama materialnya ya, bukan nama alatnya wkwk.

  10. Nia Haryanto Avatar

    Nah ini nih yang wajib diketahui para ibu-ibu untuk peralatan tempurnya di dapur. Jangan asal antilengket ya. Karena gak semuanya aman. Kudu pilih dengan jeli. Huhu aku kepengen yang marble itu deh. Belom kesampaian punya. Semoga bisa segera beli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index