Setelah menikah, hobi baru saya bertambah. Selain baca buku, kini saya kecipratan kesenangan suami, motoran. Setelah bertahun-tahun tinggal di kota Bogor yang terkenal dengan motto kota sejuta angkot. kini punya kebiasaan baru. Healing dari penatnya keseharian dengan cara motoran.

Biasanya kami memilih malam hari saat weekdays atau saat setelah subuh di saat weekend. Pukul 11 malam biasanya mulai jalan, karena pada jam-jam tersebut termasuk jam-jam  yang sudah sepi dari ramainya lalu lintas Jakarta yang selalu padat. Menikmati cantiknya semarak lampu saat malam di kota Jakarta bantu naikin happy mood. Selain itu, pagi hari saat weekend adalah saat yang tepat untuk menghirup udara segar karena masih minim dengan asap kenderaan. Selain itu, weekend adalah waktunya mencoba kulineran baru.

Motoran gak harus selalu yang jaraknya jauh. Yang penting cuacanya tidak terlalu panas atau saat sedang hujan. Langsung gasss… Destinasi motoran di Jakarta biasanya maen ke Monas, Pantai Ancol, Masjid Istiqlal, atau ke Green Lake City yang punya pemandangan danau. Kalo pengen yang lebih jauh, sesekali maen ke Puncak.

Oiya, ada satu hal lagi yang harus diperhatikan, pastikan outfit yang dipakai saat motoran nyaman. Mulai dari sepatu atau sandal yang nyaman, pakaian yang nyaman dan gak ribet, masker untuk melindungi dari debu dan asap, kacamata hitam, dan yang terakhir adalah jaket sebagai pelindung tubuh dan pakaian.  Dan wajib banget pake helm ya teman-teman.

Punya hobi motoran, harus selalu awas terhadap kondisi kenderaan bermotor yang dipakai. Biasanya saat motor ada dirasa yang salah, biasanya saya tanyakan ke suami apakah ada sparepart yang perlu diganti. Jangan sampai kejadian yang tidak mengenakkan terjadi karena kelalaian mengganti suku cadang motor. Alhasil, bukannya jalan-jalan eh malah beneran jalan kaki karena perlu dorong motor. Ini pernah kejadian soalnya, jadi pembelajaran banget deh.

Buat temen-temen yang juga suka motoran, jangan lupa mengecek onderdil atau sparepart motor yang perlu diganti secara berkala. Setiap sparepart  kenderaan bermotor punya waktu yang berbeda-beda. Karena tergantung sekali dengan waktu pemakaian, usia motor, dan kebiasaan pemakaian motor. Kalo intensitas pemakaiannya tinggi, maka kemungkinan  pengecekan atau penggantian sparepartnya juga semakin intens.

Sparepart motor yang sering menjadi perhatian antara lain aki motor, lampu, minyak rem, filter udara, rantai, CVT,seal,  cairan anti bocor, busi, belt, kampas rem, ban dan masih banyak onderdil lainnya. Pengecekan sparepartnya bisa dilakukan sebulan sekali, pertiga bulan sekali, atau begitu saat diperlukan.

Banyaknya toko yang menawarkan suku cadang motor memaksa kita secara tidak langsung untuk menjadi smart buyer. Jangan sampai kita udah beli mahal-mahal tapi kualitas sparepart yang didapat malah zonk. Jadi, sangat penting untuk memilih toko yang memang sudah ahli di bidangnya seperti Planet Ban.

spareparts planet ban

Planet Ban, salah satu toko ritel modern yang menawarkan produk sparepart motor yang  berkualitas tinggi dengan harga transparan. Dengan produk yang berkualitas tinggi, kita sebagai pemotor tidak khawatir saat menggunkannya. Sekaligus dapat menjaga keselamatan pengguna jalan lainnya.

Terkait soal harga yang transparan, Planet Ban memiliki website yang kita bisa cek sendiri karena harga barang  sudah tercantum pada setiap jenis sparepart. Untuk pemasangan sparepart yang dibeli tidak dikenakan biaya pasang, jadi 100 % gratis pemasangan tanpa ada biaya tambahan. Selain itu, Planet Ban juga unggul dalam layanan servis motor, dan ganti oli. Teman-teman sudah pernah servis di Planet Ban juga?

Dengan tagline “Rasa Mesin Baru’’ adalah wujud dari layanan unggulan servis dari Planet Ban. Layanan servis motor dengan pembersihan menyeluruh hingga ke bagian vital kenderaan membantu menghidupkan kembali performa sepeda motor. Makin yakin mau ikut nyoba servis dan beli sparepart motor di Planet Ban?

23 Responses

  1. Pengin banget bisa momotoran dengan santai. Abring-abringan. Kayaknya seru. Sayangnya saiyah itu serem kalo momotoran jarak jauh. Naik motor hanya buat kebutuhan transportasi. Padahal kalau sparepart aman mah, santai aja, ya. Mungkin suatu kalo perlu dicoba.

  2. Waahhh Planet Ban paling terkenal nih, karena ada di mana-mana kan ya. Sangat membantu bagi mamak-mamak kayak saya yang selalu mobilitas pakai motor setiap hari. Dulu tuh pernah ban saya bermasalah, untung ada Planet Ban dekat lokasi tersebut, jadi langsung ke sana, dan diganti dengan mas-mas yang ramah 🙂

  3. Benar banget. Kalau kita suka kemana-mana naik motor, memang baiknya nggak telat buat ngecek kondisi sparepart motornya.

    Paling rutin sih kalau aku urusan oli ya. Terus beberapa waktu lalu juga aku ganti vanbelt.

    Nggak putus sih. Cuma longgar dan bikin sparepart lainnya jadi penyok.

  4. Planet ban emang mantap untuk urusan motor, mulai dari banyaknya variasi pilihan ban sampai aneka service lain yang ditawarkan. Sebagai seorang blogger yang juga punya konten seputar motor, saya juga cukup sering pakai jasa planet ban.

  5. Urusan motor-motoran biar makin nyaman memang kudu paham deh perintilan dan termasuk jadwal servisnya kapan

  6. hehehe jangankan hobi, sekadar jadi penumpang ojol pun sebaiknya kita menggunakan outfit khusus

    Terkait Planet Ban, ini tempat service andalan anakku nih
    Setiap pulang ke Bandung pasti ke sini untuk merawat sepeda motornya

  7. Bener banget, hal yang paling penting dalam bermotoran adalah memakai helm yang standar SNI. Penting juga pake ban motor yang masih layak, takutnya kalo ban udah mulai gundul bisa berbahaya bagi kenyamananan di jalan. Keluarga saya selalu mengganti ban motor terbaik di planet ban. Untungnya di kecamatan Natar daerah saya sudah ada planet ban, jadi lebih cepat kalo butuh ganti ban dengan kualitas bagus.

  8. Motoran ama pasangan ini aku suka banget..
    Berasa bisa menikmati waktu bersama walau tanpa kata.
    Dan kudu banget menjaga performa motor juga ootd yang tepat supaya ga ribet sendiri.

  9. wah, baru tahu kalau sudah ada web dan bisa beli langsung pasang tanpa biaya tambahan. Keren banget nih inovasinya. Yang masih harus budgeting ketat bisa nyaman menyervis kendaraan di sini karena transparan.

  10. Hobi motoran selain memperhatikan semua kebutuhan sparepart motor yang untungnya bisa diserahkan ke bengkel terpercaya seperti Planet Ban,
    maka outfit yang mengendarainya juga harus ya, jangan sampai bikin gak nyaman saat bermotor.

    1. Setuju kak Yeni.
      Apalagi di musim pancaroba kek sekarang, yang mana di tempat daku lagi sering hujan, urusan outfit dan jaga mesin motor kudu banget deh.

  11. Nah saya nih salah satu pengguna motor sehari-hari. Utk outfitnya lebih merasa aman dan nyaman pakai celana panjang dibanding kulot/rok panjang saat motoran. Nah kalau masalah sparepart suka nggak ngerti..kuserahkan pada bengkel langganan saja..hihi..

  12. Service rutin sih kuncinya. Krn dari service rutin biasanya keliatan mana2 yg perlu diganti dll. Motor aku di rumah walau tahun tua tapi mesinnya boleh diadu sama motor2 muda. Masih bagus. Krn bener2 rajin diservice dan ganti sparepart klo dirasa udh aus istilahnya jadi perlu diganti hehe. Urusan service murah dan bagus planet ban juaranya.

  13. Suamiku pernah bilang, hobi motoran itu treatment-nya mahal. Padahal kalau kita tahu tempat yang bagus dan affordable untuk treatment motor kita kaya Planet Ban, harganya gak semahal itu ya.

  14. Jadi inget awal-awal naik sepeda motor.
    Biasanya kalau dari awal membersamai kendaraan, suka ada “feel”nya kalo uda mulai gak nyaman pas dikendarai. Dan kudu banget dibawanya ke Planet Ban. Bengkel nyaman dengan transparansi harga yang bikin puas pelanggan.

  15. Planet Ban memang terbukti bagus pelayanannya ya mbak. Saya pun langganan disini untuk perawatan rutin motor saya. Bagaimana pun juga motor layaknya manusia yang harus diservis secara rutin supaya nyaman saat di kendarai. Dan ngomongin Jakarta, entahlah nyali saya kok makin ciut saat pindah ke Jakarta, jadi takut naik motor sendiri hahaha….

  16. Bener banget, kalo hobi motoran mah segala hal kudu diperhatiin ya. Touring ke mana-mana kudu diperhatiin. Gak cuma outfit yang mentereng, urusan motornya juga. Malah lebih penting. Soalnya berhubungan banget dengan urusan keamanan. Kudu rajin dicek. Jangan sampai deh mogok atau bermasalah saat dipakai. Planet Ban deh bengkel yang bisa dipercaya untuk servis dan perawatan motor mah ya. Harganya terjangkau, servisnya bagus.

  17. Meski di kampung, jauh dari jangkauan polisi, tapi saya tetap memperhatikan keamanan dan aturan berkendara lho
    Karena saya juga merasa semua itu demi keamanan dan kenyamanan kita sebagai pengendara.
    Jangan mau selamat tapi abai akan safety riding yang berstandar nasional bahkan internasional

  18. nah soal kayak gini2 yang aku sama sekali ga paham wkwk biasanya dicekin ama suami taua adek ipar. tapi selain itu, ya aku serahkan ama ahlinya untuk check spare part dan segala keperluan untuk motor.. karena performa motor juga perlu diperhatikan yaa..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *